Search
Main Menu
Home
News
Blog
Komik Gallery
Kalender Acara
Download
Links
Contact Us
Search
Buku Tamu
Database

Advertisement
GODAM & GUNDALA: JAGOAN ASLI INDONESIA PDF Print E-mail
User Rating: / 3
PoorBest 
Monday, 26 March 2007
oleh Da
Dipublikasikan di majalah Fakta #513, Surabaya, bulan Maret 2007

Kalau mendengar nama Superman, Batman atau Spiderman, kalian pasti tahu bagaimana sosol mereka. Ya, mereka adalah karakter komik yang sangat populer, tidak saja di negara asal mereka diciptakan, Amerika, tapi juga di seantero dunia. Sejak kemunculan pertama di sekitar 40-an hingga kini telah jutaan eksemplar komik mereka diterbitkan, belum termasuk merchandise/ pernak-pernik barang seperti tas sekolah, buku tulis, cangkir, stiker, t-shirt, sepatu dan masih banyak lagi lainnya yang berhiaskan sosok mereka, terutama dari film layar lebarnya beredar. Diantara barang-barang itu, kalian pasti punya 'kan? Nah, bagaimana dengan Godam dan Gundala? Belum pernah dengar 'kan nama-nama itu? Barangkali atah, ibu atau kakak-kakak kalian yang tahu, karena mereka adalah jagoan komik yang pernah merajai dunia perkomikan Indonesia para era 70 sampai 80-an. Selain itu juga ada jagoan lain seperti Maza si Penakluk, Labah-labah Merah, Gina, Si Buta dari Gua Hantu, Panji Tengkorak dan lain-lain yang turut meramaikan khazanah komik Indonesia waktu itu dan punya penggemar sendiri-sendiri. Diantara jagoan-jagoan tadi, Gundala pernah diangkat ke layar lebar pada tahun 1978 dengan aktor bernama Teddy Purba sebagai pemerannya. Juga Si Buta dari Gua Hantu yang diperankan oleh Ratno Timoer.

Godam adalah karakter komik ciptaan alm. Wid NS yang muncul pertama kali tahun 1968, disusul kemudian oleh Hasmi (sahabat Wid NS) yang menciptakan karakter Gundala. Godam, seperti halnya Superman, dijuluki si manusia baja karena memiliki kekuatan super, kebal terhadap senjata dan bisa terbang, sementara Gundala yang berkostum hitam mengkilat bisa berlari sekencang topan dan dari telapak tangannya bisa mengeluarkan lidah petir.

Pada sekitar tahun 1985 komik Indonesia mengalami kelesuan, ditambah lagi dengan serbuan komik impor dari Jepang yang kemudian mengambil alih posisi komik Indonesia sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Komik Indonesia makin terpuruk hingga akhirnya hilang sama sekali dari peredaran. Tapi benarkah jagoan-jagoan komik Indonesia sudah mati?

Pada tahun 90-an satu dua komik Indonesia mulai muncul, tapi tak lama kemudian tenggelam lagi. Jatuh bangun perkomikan Indonesia ini terjadi hingga 5 tahun yang lalu. Pada sekitar 3-4 tahun belakangan kegairahan untuk membangkitkan kembali komik Indonesia kembali bergelora, sejalan dengan perkembangan teknologi informatika. Penggarapannya pun tidak lagi secara konvensional seperti dulu, tetapi dengan media komputer. Disisi lain, penggemar-penggemar komik jaman dulu (jadul) berupaya membangkitkan kembali komik-komik yang dulu pernah berjaya itu dengan cara mencetak ulang, meski lingkup distribusinya masih kecil. Kemudian dengan memanfaatkan teknologi informatika, mereka membuat situs di internet sebagai media untuk memupuk kecintaan terhadap komik Indonesia. Diantaranya adalah komikindonesia.com, komikhitam.com dan sangkolektor.

Segala upaya tersebut dilakukan dengan harapan suatu saat kelak komik Indonesia bisa menjadi tuan rumah dinegeri sendiri, seperti yang dulu pernah terjadi.
Add as favourites (133) | Views: 2014

Be first to comment this article
RSS comments

Write Comment
  • Please keep the topic of messages relevant to the subject of the article.
  • Personal verbal attacks will be deleted.
  • Please don't use comments to plug your web site. Such material will be removed.
  • Just ensure to *Refresh* your browser for a new security code to be displayed prior to clicking on the 'Send' button.
  • Keep in mind that the above process only applies if you simply entered the wrong security code.
Name:
E-mail
Homepage
BBCode:Web AddressEmail AddressBold TextItalic TextUnderlined TextQuoteCodeOpen ListList ItemClose List
Comment:



Powered by AkoComment Tweaked Special Edition v.1.4.5

 
< Prev   Next >
Informasi OS & IP
OS:  Unbekannt
IE:  Anderer Browser
ISP:  amazonaws.com
IP:  54.81.108.105
      Home arrow News arrow ARTIKEL arrow GODAM & GUNDALA: JAGOAN ASLI INDONESIA