Panji Tengkorak

 

Tragedi PENGEMIS IBLIS DARI KIDUL alias PANJI TENGKORAK.

Hidup Panji begitu sarat dipenuhi tragedi. Dari awal sebetulnya ia sudah bertekad untuk gantung pedang setelah menikahi putri Nagamas gurunya yang bernama Murni. Kitab ilmu kesaktian Nagamas yang maha dahsyat dan jadi perebutan jago2 rimba persilatan pun sudah ia kubur dalam-dalam di dekat makam mendiang gurunya tsb…

Namun apa daya, pada suatu hari sepulang dari bertani di sawah, ia menjumpai istrinya telah tewas karena berusaha mempertahankan kitab ilmu Nagamas yang hendak direbut oleh seorang pendekar misterius maha sakti. Ber-bulan2 Panji merenungi makam istrinya dgn penuh rasa frustasi. Sampai suatu hari dia bangkit menggunakan topeng Tengkorak, berpakaian pengemis gembel sehingga orang2 menjulukinya sebagai PANJI TENGKORAK. Iapun mulai mengembara mencari pembunuh istrinya….

Setelah melalui hambatan dari anakbuah manusia misterius yang tampaknya bukan orang sembarangan, sehingga beberapa kali Panji terancam jiwanya, dan terlibat kasus asmara dgn beberapa wanita, antara lain : Mariani, Dewi Bunga, Andini serta Nesia, bahkan hingga nyaris tewas terkena pukulan beracun dan terdampar di hutan Alas Purba yang penuh satwa raksasa dari zaman purbakala, akhirnya Panji berhasil bertemu dengan orang yang dicarinya. Yang mengagetkan, ternyata orang tsb adalah ayah kandungnya sendiri, seorang Raja Begal bernama Kebobeok….

Catatan :
PANJI TENGKORAK diangkat ke layar lebar tahun 1971 dgn aktor Dedy Soetomo sbg Panji Tengkorak, aktris Taiwan Shang Kuan Ling Fung sbg Dewi Bunga dan Leni Marlina sbg Mariani.

 

Sinopsis by: Bpk Alex Wienarto.

Photo muka: Redraw oleh Admira Wijaya.

Ciptaan

Julukan

Panji Tengkorak

Alterego

Panji

Jenis Kelamin

Pria

Tipe Karakter

Jagoan

Punya Serial

Ya

Kekuatan

Jago Berkelahi, Jago Silat, Kebal Racun

Kelemahan

Mudah Percaya

Sahabatnya

Tidak ada Karakter

Lawan / musuh-nya

Tidak ada Karakter