Diupload oleh ADRIAN FADHILAH
Diperbaharui tanggal

RAHASIA SETAN CATUR

RAHASIA SETAN CATUR
Tahun terbit: 1984 – 1985
Terdaftar No Pol: B.C/ 053/ III/ 85/ Dit Binmas

Sinopsis:

Anusagelang yang mewarisi cincin wasiat perguruan Gunung Sumbing tidak menyadari bahwa Rahasia Cetan Catur tersimpan dalam cincin yg dipakainya tersebut. Imamadi & Roro Inten sepasang pengantin baru dihadang Durata & Tapak Jirah. Keduanya berhasil menawan Roro Inten dan memancing Imamadi ke markas perguruan Alis Putih dimana Jolokerot, Simodondong dan Badur sudah menantinya. Imamadi termakan jebakan dan ditawan untuk memecahkan teka-teki Rahasia Setan Catur. Imamadi tetap bertahan tidak mau membuka rahasia tersebut mengingat persahabatannya dengan Anusagelang. Di saat kritis tersebut, Gelangsari berlari datang memberitahukan pada ayahnya bahwa lokasi tersebut sudah terkurung oleh orang-orang dari Perguruan Gunung Sumbing.

Kemudian pecahlah bentrok dimarkas perguruan Alis Putih. Braja kembali menghadapi Jolokerot. Disaat sudah habis batas kesabaran Braja, Anusagelang mencegah ayahnya untuk menghabisi riwayat Jolokerot. Sementara Durata terpergok oleh Cendani yg menaruh dendam kesumat atas kematian kedua orang tuanya dan menjadi penyebab lumpuhnya Dewi Pulungsari gurunya. Durata menemui ajalnya ditangan Cendani.

Gelangsari diam-diam menghadapi Srikaton yg menaruh dendam terhadapnya. Untung Anusagelang hadir tepat waktu mencegah keduanya saling bunuh. Srikaton pergi berlalu dengan membawa sakit hatinya. Sesudahnya Anusagelang & Gelangsari menuju Perguruan Elang Sakti dimana seluruh tokoh persilatan berkumpul untuk memecahkan Rahasia Setan Catur. Ternyata Anusagelang dapat memecahkannya. Teka-teki Rahasia Catur tersebut. Dan diangkat sebagai Panglima Perang Pantai Utara.

Braja & Cendani kembali menyatroni perguruan Alis Putih di hutan Mentaok. Niatnya jelas meminta keputusan Jolokerot untuk merestui hubungan Anusagelang & Gelangsari yg sudah terlalu lama berkumpul di jurang Gerojogansewu. Jolokerot ternyata sudah jatuh moril setelah melihat bagaimana Badur & para pengawal istimewanya takluk ditangan Braja dan istrinya Cendani. Untunglah kedatangan Anusagelang bersama Gelangsari yg telah memberi pelajaran pada Simodondong & Tapak Jirah sudah menyelesaikan bentrokan tersebut.

 

Keterangan:
. Photo muka dokumentasi: Nito Djojo.

Karya

Serial

Penerbit

Genre

Kondisi

08 - Bagus

Kemasan

Jilid Staples Klasik

Cetakan

C2 – Cetakan Kedua

ISBN

Tidak Ada

Ijin Terbit Tahun

1985

Jilid

12

Info Lainnya

Tanggal Beli

13 January 2023

Harga Beli

Rp. 0

Tamat

Ya
Jumlah Buku
12

Isi Lengkap

Ya

Halaman

1

s/d

440

Jenis Kertas

HVS

Catatan

. Cetakan Pertama RAHASIA SETAN CATUR isi 12 jilid kertas HVS Putih menggunakan 2 varian cover. Photo muka diatas kemungkinan versi Cetak Ulang menggunakan sisa-sisa cover C1 . Cetakan Terakhir isi 13 jilid halaman isi tetap. Menggunakan kertas koran.

Gallery