RA Kosasih

BAPAK KOMIK INDONESIA

Beliau begitu penting dalam dunia komik di Indonesia karena kiprahnya bersama Johnlo dan UP Melodie berhasil membuat “Kebangkitan Komik Indonesia” pertama pada 1 Januari 1954. Buku komik yang bernama Majalah Komik itu berisi 2 komik jagoan wanita yakni Nina Gadis Rimba karya Johnlo dan Sri Asih karya beliau, berhasil mencuri hati para pembacanya. Cetakan pertama 2000 eksemplar dalam beberapa hari langsung ludes dan dicetak ulang. Oplahnya meningkat tajam.

Komik yang biasanya hadir dalam bentuk strip di surat kabar dan majalah, berubah total menjadi buku komik.

Sejak itu setiap tanggal 1 dan 15, UP Melodie di Bandung selalu menerbitkan komik-komik baru dan wilayah edarannya mencakup Nusantara. Tak lama muncullah penerbit Cosmos dan penerbit di Medan yg memproduksi komik-komik Wayang mengekor kesuksesan Melodie.

Bukan hanya itu saja, Kosasih pada tahun 1955 menyederhanakan Mahabharata dan Ramayana menjadi komik yang bisa dibaca dan dimengerti bahkan oleh anak-anak SD sekalipun. 2 komik ini begitu fenomenal di jamannya, bahkan masih dicetak ulang tahun 2010 dan 2012 dalam kemasan lux.
Karya-karya beliau banyak menginsiprasi anak-anak muda pada jamannya, sebut saja Pak Hasmi atau Mas Nemo dan Pak Mansyur Daman.

Kosasih sepanjang hidupnya sudah menghasilkan buanyaaak karya dan berbagai genre baik Superhero, Wayang, Cerita Rakyat, Silat, Roman, Komedi, Legenda dari tahun 1954 hingga tahun 1980an. Yah 1980an beliau berhenti berkarya bukan karena komik tidak laku atau meredup melainkan tangannya gemetar saat menggambar, gejala seperti penyakit Parkinson namun semangatnya tak pernah padam.

Beliau memberikan teladan bagi para penggemar dan komikus yg mengunjunginya.

Menjaga kesehatan, kerendahan hati, kreatif, kerja keras, berintegritas tinggi, selalu berpikir positif serta tidak pernah mengeluh itulah yg bisa kami pelajari dari sosok RA Kosasih. Sikap hidup seorang yang pantas dijadikan panutan.

Tidak salah dan sungguh layak kalau teman-teman menobatkan beliau sebagai BAPAK KOMIK INDONESIA karena karya-karya dan teladan hidupnya.

Nama Asli

Raden Achmad Kosasih

Nama Lain

Tidak Tahu

Tanggal Lahir

4 April 1919

Tempat Lahir

Bogor

Status

Sudah Meninggal

Tanggal Wafat

24 July 2012

Alamat

Rempoa, Banten
Karakter-Karakternya
Komik-Komik Karya RA Kosasih
Serial Lepas